Kehidupan, Meracau

Tuhanku Jail

Surga itu nggak penting..!” kata Cak Nun suatu kali. Tuhan memberi bias yang bernama surga dan neraka. Tapi kebanyakan manusia hanya kepincut pada surga. Akhirnya mereka beribadah tidak fokus kepada Tuhan. Kebanyakan kita beribadah karena ingin surga dan takut pada neraka. Kelak kalau kita berada di surga, bakalan dicueki oleh Tuhan. Karena dulu sewaktu di dunia cuma mencari surga, nggak pernah mencari Tuhan. Kalau kita mencari surga belum tentu mendapatkan Tuhan. Tapi kalau kita mencari Tuhan otomatis mendapatkan surga. Kalau nggak dikasih surga, terus kita kost dimana???

Paragraf di atas saya kutip dari sini.

Paragraf di atas jadi mengingatkan saya dengan nasihat Papa saya, “Kalo ibadah (apapun bentuknya, termasuk shalat tentunya) itu harus ikhlas karena Allah, jangan karena nyari pahala atau biar masuk surga, apalagi cuma karena takut disuruh orang tua.”

Setuju banget!

Tapi gebleknya saya, kadang kalo lagi lupa shalat terus ada temen yang nyuruh shalat (apalagi sambil maksa) rasanya malah enggan buat shalat, takut shalatnya ga ikhlas karena disuruh temen, hahaha. Ga bisa jadi alasan sih, itu emang karena sayanya aja yang masih sering malas :|. Setelah saya pikir-pikir, Tuhan saya emang rada jail, hahaha. Gara-gara surga dan neraka itu jadi ada orang yang ibadah cuma biar masuk surga, dan ada juga yang kaya saya, sering memakai kalimat “ibadah harus ikhlas” justru sebagai alesan buat ninggalin ibadah.

Tapi bagaimanapun yang harus disadari adalah ibadah tetap ibadah, harus tetap dijalani, yang wajib tetap wajib, yang sunah tetap sunah, dan yang haram tetap haram. Soal ikhlas atau tidaknya, diterima atau tidaknya ibadah kita, ya cuma Tuhan yang bisa melihatnya dengan cara yang paling adil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s