Buku, Kehidupan, Mimpi, Petualangan

Berlayar

Image
Sumber : http://www.goodreads.com/book/show/2189079.Tamasya_Laut

Salah satu mimpi masa kecil saya adalah pergi berlayar. Bukan, bukan berlayar dalam arti sekedar menumpang kapal layar, tapi berpetualang dengan kapal layar sendiri yang dikemudikan oleh saya sendiri. Mimpi ini muncul sejak saya membaca buku Tamasya Laut karya Edith Unnerstad ketika saya masih duduk di bangku SMP. Buku yang saya dapatkan dari kardus-kardus berisi buku bekas yang dikirim oleh tante dan om saya.

Tamasya Laut bercerita tentang petualangan enam orang kakak beradik keluarga Peep-Larsson mengarungi lautan dengan kapal layar bernama Rudolfina. Mereka berpetualang mengarungi lautan dan singgah dari pulau ke pulau tanpa didampingi oleh orang dewasa, satu pun! Kisah petualang yang berlatar di lepas pantai Swedia ini diceritakan dengan sederhana, sehingga saya kecil bisa mengikuti dan tenggelam dalam kisah petualangan satu bulan mereka bertamasya dengan kapal layar.

Petualangan mereka bersama Rudolfina inilah yang membuat saya kecil bermimpi untuk suatu saat nanti bisa berlayar dengan kapal layar saya sendiri, dan dengan saya sendiri sebagai nahkodanya. Mimpi untuk bisa berlayar menyambangi pulau-pulau kecil yang mungkin tak berpenghuni di antara ribuan pulau di Indonesia. Saya ingin merasakan berpetualang dengan kapal layar, menghadapi hempasan gelombang laut, membaca arah angin, mempelajari navigasi langit malam untuk bisa mencapai pulau tujuan, dan menikmati suasana laut yang tenang karena krisis angin.

Ah, semua itu hanya sekedar mimpi masa kecil saya. Sementara ini cukuplah pengalaman mengarungi jeram-jeram besar di Sungai Lariang menjadi pengganti mimpi masa kecil saya untuk bisa berlayar yang entah kapan bisa terwujud.

Hai, apa mimpi masa kecilmu?


Referensi lain tentang Tamasya Laut bisa dilihat di sini dan di sini.

Leave a Reply

