Kuliner

Telur Rebus

Kamu suka telur rebus?

Dulu, ibu saya sering membuat telur rebus, entah untuk kemudian diolah menjadi telur balado, telur semur, ataupun jenis masakan lain. Dan setiap kali ibu saya merebus telur, saya selalu bingung bagaimana cara menentukan kematangan telur rebus – telur rebus itu. Berbeda dengan ketika memasak telur dadar atau telur mata sapi yang kita bisa dengan mudah mengamati apakah telur tersebut sudah matang atau belum, menentukan sudah seberapa matang telur rebus yang kita buat menjadi lebih sulit karena isi telurnya masih tertutup oleh kulit telurnya.

Nah, setelah iseng googling-googling, saya menemukan cara memasak telur rebus yang baik. Ternyata dalam membuat telur rebus, karena kita sulit untuk mengecek secara langsung tingkat kematangan telur-telurnya, waktu menjadi patokan kita untuk menentukan tingkat kematangan telur yang kita rebus. Oh iya, telur rebus itu sendiri ternyata terbagi menjadi tiga jenis dalam hal tingkat kematangan, berikut deskripsi serta cara memasaknya.

1. Hard Boiled. Ini jenis telur rebus dengan tingkat kematangan sempurna. Putih dan kuning telurnya sudah benar-benar matang dan padat. Untuk mendapatkan telur rebus yang seperti ini kalian bisa merebus telur selama 12 menit. Rebus telur hingga air mendidih lalu kecilkan api dan tunggu hingga waktunya selesai. Setelah selesai angkat telur dan masukan ke dalam air dingin selama kurang lebih 5 menit.

2. Medium Boiled. Telur rebus jenis ini memiliki kuning telur yang creamy tapi dengan putih telur yang sudah cukup padat. Kalian bisa merebus telur selama kurang lebih 7 menit untuk mendapatkan telur rebus yang seperti ini.

3. Soft Boiled. Bagian putihnya  sudah mulai memadat tapi bagian kuning telurnya masih encer seperti susu kental. Untuk mendapatkan telur seperti ini kalian bisa merebus telur selama maksimal 5 menit. Lalu tiriskan dan diamkan dalam air dingin sekitar satu menit.

Kalau kalian pergi ke warkop dan memesan telur setengah matang mungkin yang disajikan adalah telur medium boiled, atau mungkin soft boiled kalau ternyata kuning telurnya masih encer. Dari pengamatan saya, biasanya telur setengah matang di warkop-warkop ini disajikan dalam gelas kecil lalu dicampur dengan lada atau bahan-bahan lain sebelum dikonsumsi. Di antara tiga jenis telur di atas saya cuma suka yang pertama, saya tidak suka telur yang kuning telurnya masih encer-encer atau kental :D.

Kalau kalian suka yang mana?

 

Sumber: http://food.detik.com/read/2013/11/26/104405/2423518/297/4/mau-telur-rebus-matang-atau-setengah-matang#bigpic


 

Updated :

Tips di atas sudah dicoba oleh Chef Nada dan hasilnya, berhasil! yeaaay!

Telur Rebus

Advertisements

2 thoughts on “Telur Rebus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s